05/01/13

Memasang Widget Tombol Subscribe dan Akun Sosial di Sidebar

Tutorial blogspot kali ini membahas tentang tampilan sidebar khususnya cara memasang widget tombol subscribe dan akun sosial. Alasannya agar gadget tersebut berposisi sebagai tag heading h3, dan pastinya untuk memudahkan pengeditan. Langsung saja, buka text berjudul subscribe social pada nice seo template yang sudah didownload dengan notepad dan program sejenisnya.

subscribe button social accounts

Tombol Subscribe
Pastikan anda sudah mendaftarkan blog anda di feedburner, lihat url addressnya.
Misal http://feeds.feedburner.com/AlbaronyTemplate. Yang perlu diingat hanyalah kata yang berwarna merah, untuk memudahkan kita sebut FeedAlias.

Kembali fokus pada notepad, cari kata AlbaronyTemplate. Anda akan menemukan dua hasil pencarian, ganti keduanya dengan FeedAlias blog anda.

Akun Sosial
Social account pada gadget template ini menggunakan efek bubble ketika hover/cursor diarahkan. Tampilannya menggunakan konsep game angry birds. Ok perhatikan lagi notepad, ada beberapa poin yang harus anda ubah.

http://www.facebook.com/ghofur.abd
http://www.twitter.com/nuLL_LoL
http://www.plus.google.com/104956339109275203375
http://www.youtube.com/auninabillah
http://feeds.feedburner.com/AlbaronyTemplate

Ganti semua warna merah dengan akun milik anda, bisa juga fan page. Jika anda tidak ingin menyertakan akun sosial pada template, anda tinggal menghapus kode yang berada di bawah <!--Akun Sosial-->

Pemasangan Subscribe Button dan Social Accounts
1. Masuk ke Tata Letak, klik Tambah Gadget dan pilih HTML/JavaScript.
2. Copy paste kode pada notepad yang sudah anda edit, lalu Simpan.
3. Masuk ke Edit Template, jangan lupa centang Expand Template Widget, ubah tag heading gadget yang baru anda tambahkan menjadi h3. Bingung caranya, lihat di tag heading dinamis.

Sekian penjelasan singkat bagaimana cara memasang gadget tombol subscribe dan akun sosial di sidebar, semoga anda memahaminya. Untuk tampilan gadget lain di sidebar, anda bisa mencobanya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar