05/01/13

Mengaktifkan Template Seluler [Custom Tersesuai]

Tampilan blog pada mobile/hp bisa kita aktifkan bisa juga tidak. Biasanya template seluler digunakan untuk mempercepat proses loading ketika diakses, terutama jika versi web-nya sangat berat. Dalam hal ini blogger menyediakan berbagai alternatif penggunaan, mulai dari template default hingga kita dapat mengolahnya sendiri (custom/tersesuai).

Jika anda memilih template seluler yang disediakan blogger, tampilannya memang sangat sederhana, memudahkan pembaca dan proses loadingnya cepat. Tapi ada hal yang harus anda perhatikan, ketika anda memilih tampilan tersebut, maka tag heading-nya akan menyesuaikan dengan template dasar, yakni:

h1: judul blog
h2: widget blog
h3: judul posting

Nah kalau sudah gitu, jelas nggak sesuai dengan tag heading dinamis pada nice seo template blogspot. Oleh karena itu, aku sarankan anda memilih fitur Custom/Tersesuai. Tenang saja, tampilannya 90% sama persis dengan tampilan web. Untuk mengeceknya, tambahkan ?=1 di belakang url address.
http://albarony-template.blogspot.com/?=1

Tampilan Seluler Operamini

Untuk mengaktifkan fitur custom, masuk ke menu template. Klik sesuaikan template seluler (gambar pengaturan), lalu klik Ya dan pilih Tersesuai dan Simpan.

Template Seluler Blog

Selajutnya, anda harus mengatur widget mana saja yang ingin ditampilkan di versi mobile. Karena jika anda tidak melakukannya, maka tidak ada satupun widget/gadget yang tampil di versi seluler. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat menambahkan perintah berikut ini:

mobile='yes' Maksudnya widget tersebut selain tampil pada versi web juga tampil pada versi mobile
mobile='only' Maksudnya widget tersebut hanya tampil pada versi mobile

Untuk cara penggunaannya, letakkan perintah tag tersebut di dalam elemen widget, untuk memudahkan taruh setelah tag ID. Misal,

<b:widget id='HTML1' mobile='yes' locked='false' title='' type='HTML'>
<b:widget id='BlogArchive1' mobile='yes' locked='false' title='Blog Archive' type='BlogArchive'>
<b:widget id='PopularPosts1' mobile='yes' locked='false' title='Entri Populer' type='PopularPosts'>

Demikan penjelasan sederhana bagaimana cara mengaktifkan custom template seluler, namun sangat berguna agar template tetap seo friendly.

0 komentar:

Posting Komentar